Beranda » Artikel Blog » Jenis Jenis Bahan Kanvas

Jenis Jenis Bahan Kanvas

Diposting pada 20 November 2019 oleh admin | Dilihat: 23 kali | Kategori:

Jenis Jenis Bahan Kanvas

Tas Kanvas

Sesuai dengan namanya, jadi yang dimaksud dengan tas kanvas itu sebenarnya merupakan sejenis tas yang dibuat dari bahan dasar kain kanvas. tidak hanya dibuat dalam bentuk polos tapi beberapa tas kanvas ada juga yang dibuat dari kain yang bermotif. bahan kain yang dilukis, model costum.
Dibandingkan dengan tas yang dibuat dari bahan lain, tas kanvas umumnya meiliki banyak keunggulan terutama dari segi kekuatan. Tampilannya yang terkesan fashionable juga sangat sesuai bila digunakan untuk menemani aktivitas sehari-hari seperti belanja, kuliah atau sekedar jalan-jalan.
untuk model tasnya sampai saat ini bahan kanvas banyak dibuat dalam bentuk carrier, daypack, backpack, rucksack, totebag dan model tas yang serupa selain nilai fungsional masing-masing tas tersebut umumnya juga dapat digunakan sebagai penunjang gaya penampilan.

Jenis-Jenis Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan kain yang memiliki serat kain yang tebal serta bersifat sangat kuat. Pada awalnya, kain kanvas lebih banyak digunakan sebagai media lukis. Seiring dengan perkembangan zaman, kain kanvas lebih banyak digunaka sebagai bahan dasar tas, sepatu, jaket, home décor dan aksesoris. bukan hanya pada ketebalan dan keawetan bahan, namun kain kanvas merupakan kain yang mudah dibentuk dengan berbagai kreativitas.

Pada awalnya, kain kanvas terbuat dari jerami dan hal inilah yang memastikan bahwa kain kanvas begitu kuat. Namun saat ini, bahan dasar kain kanvas sudah dialihkan ke kapas atau linen, namun tidak perlu dikhawatirkan mengenai kualitas, tetap menjadi pertimbangan utama bahwa kain kanvas dari kapas maupun linen mempunyai daya tahan yang baik. Dan saat ini, kain kanvas juga terdapat dalam bahan sintetis seperti polyester.

Jenis Kain Kanvas

Kain kanvas mempunyai banyak jenis yang beredar dipasaran. Hal ini bisa disesuaikan dengan hasil yang akan dibuat dalam menggunakan kain kanvas. Berikut beberpa jenis kain kanvas yang eredar dipasaran:

Kanvas Blacu

Kain kanvas blacu / greige merupakan kain yang biasa digunakan untuk pembuatan tas sederhana seperti totebah dan tas serut. Bahan ini tergolong paling mudah ditemukan hampir diseluruh toko kain dan menawarkan harga yang terbilang murah. Kain kanvas blacu memiliki karakteristik cukup kasar, karena pada dasarnya kain ini merupakan jenis kain unfinished atau biasa disebut grey. Kelemahan dari kain kanvas blacu adalah kekuatannya yang kurang maksimal, sehingga tidak direkomendasikan untuk pembuatan produk misalnya tas untuk menopang barang terlalu berat.

Kanvas Ripstop

Kain kanvas ripstop merupakan kain kanvas yang kuat dan ringan sehingga masuk dalam kategori kain kanvas sedang. Kain kanvas ripstop memiliki cicri khusus berupa motif kotak-kotak benang. Motif ini mempunyai fungsi debagai pengencang kain sehingga tahan dari robekan dan sedikit berbulu pada permukaannya. Tingkat ketebalan pada kain knvas ripstop tergolong medium-low, namun untuk kekuatannya masuk dalam kategori high.

Kain ini biasa diaplikasikan dalam pembuatan jaket kasula dan jaket setengah resmi.

Kanvas Marsoto

Kain kanvas marsoto merupakan jenis kain kanvas  dengan ketebalan diatas kain kanvas ripstop dan tekstur yang agak kasar disbanding kain kanvas ripstop. Kain ini juga kuta dan tidak mudah robek. Ciri paling terlihat dari kain kanvas marsoto adalah terdapat bintik-bintik pada permukaan kain yang menyerupai tekstur kain cordura.

Harga kain kanvas marsoto terbilang lebih mahal disbanding jenis kanvas lainnya.

Kain ini biasa digunakan dalam pembuatan seragam kantor, goodie bag, atau tas balanja polos yang kuat, awet dan tahan lama.

Kain Kanvas Terpal

Kain kanvas terpal merupakan kain kanvas palinh tebal diantara kain kanvas lainnya. Untuk kualitas, kain ini sangat bagus, tahan terhadap suhu dan kedap air. Bahkan ketika terkena benda runcing, kain ini tetap kuat. Untuk pemakaian yang tinggi, kain ini terbilang sangat awet dan tahan banting.

Kain ini biasa digunakan dalam bidang industry pertambangan, industry pertanian, industry pembangunan dan industry besar lainnya.

Baby Kanvas

Kain baby canvas. merupakan kain kanvas yang paling lembut dan lentur dikelas kanvas sehingga kain ini mempunyai tingkat kenyamanan yang baik. Jika kain ini digunakan dalam pembutan tas atau fashion kesan mewah akan terlihat. Walaupun mempunyai kesan lembut dan lentur, kain ini dirasa cukup kuat dan tahan lama. dalam segi harga, kain ini dibanderol dengan harga yang cukup murah.

Kanvas PE

Kain kanvas PE adalah kain kanvas yang berbahan campuran antara polyester dan katun atau yang benar-benar 100% polyester.  Kain ini cenderung cukup panas ketika digunakan, sehingga kain ini tidak banyak atau jarang digunakan dalam pembuatan produk fashion. Kain ini menawarkan harga yang relative murah,sehingga banyak pelaku bisnis kreatif menggunakan bahan ini sebagai bahan dasar. Kain ini cocok digunakan dalam industry digital printing.

Kanvas Sueding

Kain kanvas sueding merupakan bahan kanvas yang memiliki lapisan atas yang sedikit berbulu sehingga benang atau material ringan mudah menempel pada kain ini. Kain ini mempunyai tekstur yang lembut disbanding jenis kain kanvas lainnya sehingga akan menimbulkan kesan tipis ketika dipegang. Kain kanvas sueding banyak diaplikasikan pada pembuatan jaket. Dan jaket kanvas sueding terkenal akan keawetannya ketika dirawat dengan baik dan benar.

Jenis kanvas memang beragam. Hal ini mempermudah para pelaku bisnis di bidang kreatif maupun industri lainnya untuk lebih bermain dalam dunia kain kanvas.

Bagikan

Jenis Jenis Bahan Kanvas | Juragan Tas Seminar

Komentar OFF

Maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman ini.

Anda Mungkin Suka
Chat via Whatsapp
Bobi Ishak
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Bobi Ishak
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja